Magoroku Kai

It's about life and related things..

Wednesday, August 18, 2004

Paradoks Kiai dan Supir Bus Antar Kota

Baru baca sebuah anekdot, tentang kiai dan supir bus antar kota. Pertanyaannya, mana yang bakalan masuk syurga? Yah, ceritanya gak aku posting.. soalnya, kita gak boleh mengandai-andai atau membuat karangan cerita tentang Tuhan.

Tapi di cerita itu ada yg menarik. Yaitu, ternyata seorang kiai yang terlalu bertele2 dalam memberikan khutbah sehingga membuat orang mengantuk dan akhirnya tertidur. Alih2 membuat mereka beribadah (ingat Allah), malah sebaliknya.

Sementara itu supir bus yang tidak berniat menasehati orang untuk beribadah, justru membuat orang banyak berdzikir (mengingat Allah). Kenapa? karena saking ugal2annya membawa kendaraan, semua orang yg ada di bus tersebut jadi takut mati dan akhirnya berdzikir sepanjang jalan :)

Hehe... just a joke.
Mungkin dalam kehidupan banyak lagi kali yah yg seperti ini...? Kita mencoba berbuat baik, orang malah takut/kabur. Dan lewat org yg gak benar, malah bisa menunjukkan jalan mendekat ke tuhan.

Hikmah lainnya, ketika kita menganggap diri ini akan menghadapi kematian, kita akan sungguh2 dalam beribadah. Pas sekali dengan ucapan nabi yg intinya: berbuatlah untuk dunia seakan2 engkau hidup selamanya. Dan beramallah untuk akhiratmu,seakan2 akan mati besok.

Wallahu'alam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home