Magoroku Kai

It's about life and related things..

Sunday, October 10, 2004

"Udah mo kawin???!!!"

Hehe...di Jakarta, ungkapan spt itu biasanya ditujukan untuk seorang gadis yang mbuat masakan terlalu asin. Gak tau deh, apa itu jadi ungkapan untuk orang2 Jakarta aja, atau di daerah2 lain juga seperti itu.

Trus kenapa? Mo kawin juga?
Hehe...gak..gak.. bukan itu kok. Lagi pula, aku kan cowok :p. Lagi mo cerita aja, ttg beberapa eksperimenku di dapur :D

Iya, jadi kemarin kan buat kue terigu goreng. Adonannya gak dicobain lagi, main aduk aja. Trus...digoreng deh... Dan ternyata sodara2.... beneran asin banget...!!! Mana gorengnya gak coba2, jadi langsung goreng 4-5 kue. Ya udah, akhirnya terpaksa lah dimakan kue2 yg sangat asin itu.

Dan, ini bukan kejadian pertama kalinya :(

Hmm... entah kenapa yah, sejak pulang dari Indo, sense of cooking-ku kok sepertinya benar2 hilang yah... Rasanya akhir2 ini aku gak pernah bisa buat kue or masakan seenak dulu. Padahal dulu itu aku juga coba2 loh. Walaupun baru pertama kali mencoba.. tapi hasilnya sangat memuaskan (untuk ukuran lidahku :D). Tapi skrg berbagai 'kecelakan' dapur mulai terjadi.. seperti masakan jadi gosong, keasinan, rasa yg aneh, dst...hmm... knapa yah?

Anyway, ini makanan yg pernah aku buat. Semua dibuat petunjuk dari guru2 memasak ol seperti vian, geek, aji, dll. Aku juga berusaha untuk me-reengineering masakan buatan ibuku, dengan cara membayangkan lalu dicoba2 aja. Cuma yah begitulah, kelemahannya di sini gak semua bahan tersedia. Jadi, wajar aja klo rasanya agak aneh atau ada yg kurang.

Contoh.. di rumah, masakan favoritku adalah ikan bawal bumbu kecap. Nah di sini itu susah banget dapetin kecap manis. Jadi terpaksa deh pakai kecap asin. Aku pernah buat dengan kecap asin ini dua kali, yg pertama...huiiih...malah enak :D , tapi yg kedua justru aneh banget rasanya.

Ok lah, aku males nulis panjang2.. anyway ini contoh2 makananku di sini...hehe...mumpung belon bulan puasa...silahkan dilihat :D

1. Ikan bawal bumbu kecap (foto)
2. Sayur sop daging (foto)
3. Ikan tongkol cabe (foto)
4. Nasi goreng (sea food, special, dll) (foto)
5. Kue terigu: dgn bahan terigu, telur, mentega (foto adonan)
6. Daging goreng tumbuk (ini ada bahan yg kurang, jadi kurang gurih) (foto waktu digoreng)
7. Bihun goreng special or seafood (foto)
8. Pecel, dgn variasi sayuran: kentang, brokoli, buncis, wortel, kol, kembang kol,dst.
9. Sambal goreng kentang (foto)

Klo ini 'fast food' yg sering aku makan, biasanya u/ sarapan:
1. french fries + fried chicken/nuget + telur ceplok + orange juice
2. Nasi + lalapan (brokoli, buncis, kembang kol, kol) + abon + telur
3. Nasi + ikan goreng + lalapan dikasih salad dressing
4. Indomie telor :D Ini pamungkas deh, klo males lagi memuncak dan perut kelaperan banget. Tapi aku gak begitu sering, sesekali aja. Karena kurang bagus buat kesehatan :)

Beberapa foto lainnya:
Rangsum buat ke kantor, dapurku (1), dapurku (2), siap2 lunch..., salah satu makanan middle east (Grilled Chicken) (Ini porsi sekali makan, makanya gak brani sering2 jajan..bisa tambah endut :p)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home