Magoroku Kai

It's about life and related things..

Friday, October 15, 2004

Ramadhan 1st day

Alhamdulillah, at least hari ini aku masih diizinkan Allah untuk bertemu dgn Ramadhan lagi. Tentu ada yang spesial dengan Ramadhan kali ini yaitu domisiliku. Klo diingat2, rasanya tahun lalu sama sekali gak kebayang untuk menjalankan ibadah puasa di luar Indo. Kecuali si Zul yang memang mungkin sudah bersiap-siap untuk sekolah di luar. Ya itu lah kekuasaan Allah, banyak hal yg mungkin mnrt kita tidak mungkin atau tidak pernah terpikir ternyata malah terjadi dgn kita. Hmmm.... *merenung mode*

Eh, jadi gimana nih Ramadhan di sana?

Belum tahu benar sih.. semalam kan aku baru shalat tarawih aja. Hmm... rasanya rindu dengan suasana Ramadhan di Indonesia deh. Kenapa? Aku kok ngerasanya Ramadhan di sini gak terlalu semarak yah. Coba deh klo di Indo, hari pertama pasti masjid-masjid penuh bahkan ada yang sampai ke jalan-jalan. Walaupun hari demi hari shaf-shafnya mengalami 'kemajuan' :).

Loh, memang klo di sana bagaimana?

Semalam aku shalat di masjid terdekat dari rumah. Awalnya rada ragu sih, mau ke masjid dekat kantor. Karena, aku diwarning oleh customer: "If there's something wrong with our network, you should be able to reach site in five minutes!!!". Gile ape? Memang sih di sini gak semacet Jakarta. But, are you joking? Five minutes means I need to stay at site and it can't be like that because I'm not their employee. Kecuali mreka ngasih tunjangan khusus hehehe.. boleh2 aja :D

Wajar sih, mreka warning gitu. Karena memang pada waktu2 khusus, network bisa menjadi overload. Klo di Indo, waktu khusus itu spt malam tahun baru atau lebaran, karena banyak org yg menggunakan telp pada saat itu. Tapi biarlah, semalam nekat aja shalat di masjid. Aku pikir toh jaraknya ke rumah cuma 5 mnt kok, klo ada apa2 bisa balik cepat juga.

Jadi di masjid tersebut, jamaah shalat isya biasa mencapai 2-3 baris. Satu barisnya bisa mencapai 20 orang. Jadi normalnya ada sekitar 40-60 orang-an deh. Nah.. semalam, waktu shalat tarawih, aku ngerasain ada penambahan sih. tapi kok gak banyak yah... paling cuma 1-1.5 baris aja. Oh ya, di sini aku gak ngeliat jamaah wanita. Mungkin mreka shalat di rumah kali yah. Klo di masjid dekat kantor, untuk jamaah wanitanya ada di ruangan yg terpisah. Jadi kita gak pernah 'ngeh' klo ada jamaah wanitanya. Mungkin spt di masjid ARH Salemba gitu kali yah... Nah beda kan dgn di Indo??

Wah, kok gitu yah??
Ternyata sodara2.. shubuh tadi akhirnya aku ngeliat perbedaan. Jadi klo shalat shubuh di sini biasanya yah... 1.5-2.5 baris. Nah, tadi itu aku ngeliat banyak mobil parkir. Ternyata benar, ketika shalat.. jamaahnya menjadi 7.5 baris. Yup, 3 kali lipat dari jumlah biasanya.

Tapi aku hari ini kesiangan, hampir aja kelewatan rakaat pertama. Jadi biasanya kan klo shubuh itu. Aku nunggu adzan dulu, trus wudhu di rumah, shalat qabliyah di rumah... baru deh brangkat ke masjid. Sampai di sana biasanya masih ada waktu 5-10 mnt yg bisa dipakai u/ shalat sunat or bisa tilawah. Aku gak mau lama-lama di masjid, karena alasan yg agak silly sih. Di sini banyak yang kena flu, sementara ruangan masjid di sana rata2 ber-AC. Kan virus flu itu mudah menyebar lewat ruangan ber-AC.

Hmm... padahal klo di Indo, tempat yang paling aku senangi adalah masjid. Terutama masjid UI. Hehe...kemarin pas balik, yg pertama kali dikunjungi adalah MUI :">. Thx buat Luluk yg udah ngasih foto MUI u/ mengobati kangenku. Tapi kurang keren luk! minta lagi donk :D

Oh ya, hari ini sahur pakai apa?
Iya... aku kemarin minum softdrink dari kulkas. Niatnya sih biar segar, karena capek abis begadang. Tapi, akhirnya tenggorokan malah jadi agak2 gak enak. Jadi mo masak macem2 juga males. Ya udah, standar aja deh.. goreng telur dadar + ikan + nasi. Aku udah 2 minggu gak buat nasi goreng. Terlebih saat Ramadhan ini, mungkin rada dikurangi. Katanya gak bagus yah..klo sahur dengan makan2an terlalu berminyak?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home